Cincin Nikah Di Jari Mana Menurut Islam

harga cincin kawin emas 75,harga n model cincin kawin,lirik n chord cincin kawin,mansyur s cincin kawin,mas kawin cincin 5 gram,model cincin kawin 3 gram,nama di cincin kawin,tulisan di cincin kawin,ukiran di cincin kawin

harga cincin kawin emas 75,harga n model cincin kawin,lirik n chord cincin kawin,mansyur s cincin kawin,mas kawin cincin 5 gram,model cincin kawin 3 gram,nama di cincin kawin,tulisan di cincin kawin,ukiran di cincin kawin

Cincin nikah merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah pernikahan. Cincin menjadi symbol ikatan komitmen bagi sepasang kekasih yang memasuki jenjang pernikahan. Cincin perkawinan sendiri terdiri dari sepasang cincin dimana satu cincin untuk pengantin wanita dan satu lagi untuk pengantin pria. Biasanya cincin ernikahan ini terdiri dari dua cincin yang memiliki desain yang sangat identik antara satu dengan lainnya. model dan jenis cincin kawin sendiri sangat bervariasi dari yang sederhana hingga yang mewah dan eksklusif. Hal menarik yang patut disoroti adalah terkait dengan penggunaan cincin pernikahan adalan tentang penggunaan cincin nikah di jari sebelah mana. Cincin pernikahan umumnya digunakan di jari manis tangan kiri.

Penggunaan cincin kawin di jari manis tangan kiri ini ternyata bukan tanpa alasan, sebab memang ada cerita dibalik penyematan cincin nikah di jari manis tangan kiri. Sebenarnya penggunaan cincin pernikahan tentunya tergantung dengan preferensi personal seseorang karena memang tidak ada hukum yang mengatur untuk harus meletakkan cincin kawin ini di jari tangan bagian mana, namun tentu saja mengenakannya bersama sesuai tradisi adalah cara yang manis untuk melambangkan hubungan yang terikat dengan komitmen. Bagi Anda yang masih penasaran mengapa jari manis tangan kiri menjadi jari yang dipilih untuk menyematkan cincin pernikahan, sebenarnya ada banyak sekali alasannya, termasuk menurut agama Islam.

Cincin nikah di jari mana menurut Islam sendiri masih harus dikaji lebih jauh, namun memang sejak duku kepercayaan Islam juga ternyata dikenal pemakaian cincin di jari manis tangan kiri. Hal ini juga berdasarkan pada kebiasaan Nabi Muhammad saw yang mengenakan cincin pada bagian jari tangan kiri dan dengan batu yang menghadap ke bagian telapak tangan. Tidak hanya untuk mengikuti sunnah, namun menggunakan cincin di tangan kiri juga bertujuan untuk melindungi cincin dari kemungkinan rusak, sebab di dalam agama Islam memang lebih dianjurkan untuk menggunakan tangan kanan dalam beraktivitas, sementara tangan kiri memang lebih jarang digunakan. Inilah alasan mengapa cincin yang ada di jari tangan kiri akan lebih aman.

Namun demikian ada hal lain yang lebih penting dari sekedar peletakan Cincin kawin nikah di jari mana menurut agama Islam, yakni untuk tidak memilih dan menggunakan cincin pernikahan yang terbuat dari logam emas untuk mempelai pria. Karena hukum menggunakan emas pada laki-laki beragama Islam adalah haram. Tidak hanya cincin ema smurni saja, tetapi juga bahkan cincin dari logam lain dan memiliki capuran emas bahkan meski dalam porsi yang sangat sedikit. Sementara bagi wanita tidak ada larangan untuk menggunakan perhiasan emas, termasuk dalam hal ini adalah cincin pernikahan yang terbuat dari emas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *