CARA MENENTUKAN KUALITAS PERHIASAN

cincin tunangan biasa,cincin tunangan belah rotan,cincin tunangan bentuk love,cincin tunangan bukan emas,cincin tunangan beserta harganya,cincin tunangan dalam islam,cincin tunangan dan bunga mawar

cincin tunangan biasa,cincin tunangan belah rotan,cincin tunangan bentuk love,cincin tunangan bukan emas,cincin tunangan beserta harganya,cincin tunangan dalam islam,cincin tunangan dan bunga mawar

Perhiasan Cincin Kawin Emas – Cincin kawin tidak melulu menggunakan bahan emas, selain emas ada bahan perak , palladium, platina, titanium, palladium hitam dan masih banyak lagi. Kota besar seperti Jakarta, Surabaya, solo, bandung, semarang sudah banyak menjual perhiasan cincin kawin atau cincin tunangan menggunakan bahan selain emas.

Ketika membeli sebuah perhiasan, jangan sampai anda memandangnya dari model saja. kualitas merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan. Untuk itu, berikut ini akan diulas sedikit mengenai bagaimana cara mengetahui perhiasan yang berualitas.

  1. Kadar Emas

Kadar cincin tunangan emas memang menentukan nilai sebuah perhiasan. Namun mengingat sifat emas yang lunak, maka emas dengan kadar tinggi akan lebih rentan berubah bentuk ketika digunakan. Untuk itu perhiasan emas yang ideal memiliki kadar 18 karat atau sekitar 75%. Emas dengan kadar ini masih memiliki nilai cukup tinggi dan tidak mudah berubah bentuk.

  1. Berlian

Jika anda ingin membeli perhiasan cincin tunangan yang bertahtakan berlian, maka selain kadar emas anda juga harus mengetahui kualitas berlian tersebut. Bagi mereka yang sudah akrab dengan berlian, maka istilah 4C tentu sudah akrab ditelinga. 4C yakni color, clarity, cut, dan carat. Bagi anda yang belum mengetahuinya, berikut ini sedikit penjelas mengenai 4C dalam menentukan kualitas berlian.

  • Color

Warna pada berlian menentukan nilai dari berlian itu sendiri. Jadi semakin bening warna berlian tersebut, maka semakin mahal harganya. GIA sebagai lembaga yang kredibel dalam urusan berlian menggunakan skala D – Z untuk menentukan warna ini, di mana warna terbaik ditunjukan dengan skala D.

  • Clarity

Clarity atau kejernihan ditentukan dengan ada atau tidak adanya cacat pada sebuah berlian. Berlian pasti memiliki tanda lahir namun dengan tingkat yang berbeda. Semakin banyak tanda lahir ini, maka berlian tersebut kurang jernih dan tidak dapat merefleksikan cahaya dengan baik sehingga kurang berkilau.

  • Cut

Potongan mengacu pada sebuah proporsi berlian itu sendiri. Keindahan berlian mengacu pada potongan yang dilakukan. Semakin baik potongan dari sebuah berlian, maka akan semakin jernih dan berkilau berlian tersebut.

  • Carat

Acuan terakhir dalam menentukan sebuah berlian adalah carat. Dalam berlian, carat merupakan ukuran berat yang diipakai. Semakin besar carat sebuah berlian, maka harganya juga semakin mahal.

Itulah sedikit cara yang bisa anda lakukan untuk mengukur kualitas sebuah perhiasan. Semoga bermanfaat.

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *